Senin, 05 September 2011

Mengembalikan Linux Yang hilang Setelah Install Ulang Windows (Dual OS)

Gene Ceritanya Gan, Waktu Saya main game Online dengan Windows (PB), Mendadak Laptop Gw Hang... Iikkhhh Padahal lagi seru.. Al-Hasil Adalah Ulah si VIRUS.. Data Penting saya Hilang.. (Oh..No..!!), tak satupun Anti Virus Yang Bisa Memeranginya.. Jalan Terakhir Saya Lakukan, Adalah INSTAL ULANG WINDOWS.. Tanpa Pikir Panjang, saya Langsung Instal ulang.. Setelah Selsai Saya Langsung Tidur..

Keesokan Harinya Saya Ke Kampus dan Rencananya mau Online.. Karena di Kampus Ada Perang Bandwith Agar Bisa Mendapatkan Koneksi.. Setelah Saya lihat Linux Ubuntu 10.10 Saya Hilang.. Nggak Ada.. Pas Loading.. Langsung Masuk windows.. Jiahhh... Batal Niat buat OL di Kampus.. Namun, saya Amat penasaran dengan kehilangan OS LINUX UBUNTU 10.10 di Laptop Saya.. Setelah Berkonsultasi dengan Para Master & Suhu yang ada di Kampus.. dan Al-Hasil Solusinya Ketemu Gan.. 

Ne Caranya :

Buka terminal : Ketik Perintah di Bawah ini Satu Per satu Setelah selsai Yang Satu.. Lanjut Ke perintah yang satunya Lagi :

1. sudo fdisk -l  

2. sudo mount /dev/sda5 /mnt

3. sudo grub-install --root-directory=/mnt /dev/sda

4. sudo reboot

'fdisk -l'
fungsinya untuk mencari partisi linux anda
yang digunakan pada perintah 'sudo mount /dev/sda5 /mnt'

setelah saya jalankan perintah di Atas Dan...
Berhasil.. Berhasil.. Berhasil.. Hore... Hore..
Linux Ubuntu 10.10 Saya Bisa kembali seperti Biasa Tanpa perlu Saya Install Ulang Linuxnya..
"Semoga Bisa Bermanfaat Ya"

1 komentar:

RobotTronik mengatakan...

lho kan linux nya udah hilang, nulisin perintah tersebut lewat terminal mana? puny'e windows t?